SATGAS COVID RILIS ATURAN BARU UNTUK MUDIK TAHUN INI.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) merilis edaran perihal peniadaan mudik dan pengendalian virus COVID, dimana terdapat aturan baru terkait pelaksanaannya tahun ini. Terdapat sedikit perubahan dalam pelaksanaan pelarangan mudik lebaran 2021.

Rencana awalnya pada tanggal 6-17 Mei 2021 pemerintah meniadakan kegiatan mudik selama masa lebaran. Pada edaran yag terbaru, Satgas Covid-19 mengatur pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) selama H-14 peniadaan mudik (22 April – 5 Mei) dan H+7 dari peniadaan mudik (18 – 24 Mei 2021).


Dalam edaran yang terbaru dari Satgas Covid-19 diberlakukan ketentuan pengetatan untuk yang melakukan mudik dalam periode pra dan pasca masa peniadaan. Orang yang ingin melaksanakan mudik baik menggunakan tranportasi udara dan lau, wajib menunjukkan surat keterangan negatif dari hasil tes rapid atau PCR. Sampel yang diambil memiliki kurun waktu maksimal 1 X 24 jam sebelum keberangkatan.


Sama halnya dengan perjalanan udara dan laut, menggunakan transportasi kereta api antar kota juga harus menunjukkan surat keterangan negatif dari hasil tes rapid. Lalu untuk yang mudik melalui jalur darat bakal diberlakukan tes acak rapid tes Antigen/ tes Genose 19, apabila diperlukan.


Ya intinya walau ada perubahan, tetap saja kita masih dilarang mudik nih, Ozzers!

Share this article