Selamat Lebaran #DiRumahAja ozzers

Berikut Tata Cara Shalat Idul Fitri di rumah baik berjamaah maupun sendirian 

Ozzers, Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020, dan karena pandemi Covid19, lebaran tahun ini kayanya berbeda dari lebaran-lebaran sebelumnya ya

Biasanya kita laksanakan shalat Idul Fitri itu di tempat yang terbuka / luas, kalau gak di lapangan, masjid, atau jalan raya ( jalannya udah pasti ditutup yaaa.. ) dan untuk tahun ini pemerintah nganjurin kita buat melaksanakan shalat ied-nya #DiRumahAja ozzers

Hal ini, bertujuan untuk menekan penyebaran virus Corona dengan kebijakan Physical Distancing, dan beberapa daerah ,termasuk Bandung melakukan kebijakan PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar )

Diambil dari pernyataan Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) tentang fatwa terkait shalat Idul Fitri di rumah selama pandemi Covid19 yang menyatakan bahwa
shalat Idul Fitri boleh dilakukan di rumah secara berjamaah maupun sendiri

Dan untuk ozzers, yang ingin menjalankan shalat Idul Fitri di rumah, berikut adalah tata cara shalatnya yaa :

Niat Shalat Idul Fitri :


Imam : "Ushalli sunnatan li ‘idil fithri rak ‘ataini imaman lillahi ta’alaa" ( Aku niat sholat sunnah Idul Fitri dua rakaat menjadi imam karena Allah Ta’ala )
Makmum : "Ushalli sunnatan li ‘idil fithri rak ‘ataini makmuuman lillahi ta’ala" ( Aku niat sholat sunnah Idul Fitri dua rakaat menjadi makmum karena Allah Ta’ala )
Shalat sendiri : "Ushalli sunnatan li ‘idil fithri rak ‘ataini lillahi ta’alaa" ( Aku niat sholat sunnah Idul Fitri dua rakaat karena Allah Ta’ala )

Tata Cara Shalat Idul Fitri :


1. Membaca niat sholat Idul Fitri
2. Membaca doa Iftitah
3. Takbir sebanyak 7 kali di rakaat pertama. Dalam setiap takbirnya membaca bacaan:"Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar" ( Maha Suci Allah, segala pujian baginya, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar )
4. Membaca surah Al-Fatihah
5. Membaca surah-surah di dalam Al Qur’an. Dianjurkan untuk membaca surah Al A’la pada rakaat pertama.
6. Rukuk dengan tuma’ninah
7. Itidal dengan tuma’ninah
8. Sujud
9. Duduk di antara dua sujud
10. Sujud kedua
11. Berdiri lagi menunaikan rakaat yang kedua yang diawali mengucapkan takbir sebanyak 5 kali dengan bacaan yang masih sama.
12. Membaca surah Al-Fatihah
13. Membaca surah-surah di dalam Al Qur’an. Dianjurkan untuk membaca surah Al-Ghasyiyah.
14. Melakukan rukuk dan sujud seperti rakaat pertama.
15. Duduk tasyahud akhir dan salam menengok ke arah kanan dan kiri.
16. Apabila menjadi makmum hendaknya jangan langsung meninggalkan tempat sholat. Namun, dengarkanlah khutbah yang diberikan oleh imam. Dianjurkan juga untuk mengawali pembacaan khutbah dengan membaca takbir sebanyak 9 kali sebagai pembuka salam.

Itu dia ozzers, tata cara shalat Idul Fitri yang bisa kamu lakuin berjamaah ataupun sendiri di rumah, semoga bermanfaat dan selamat berlebaran,
salam buat semua keluarga tersayang yaa

 

 

 

 

 

 

Share this article