Indonesia Menjadi Tuan Rumah Free Fire Champions Cup 2020

Pertama kali dalam sejarah, Indonesia ditunjuk untuk menjadi tuan rumah kejuaraan eSports dunia. Free Fire Champions Cup 2020 akan diselenggarakan pada 19 April 2020 mendatang di Jakarta. Para peserta akan memperebutkan hadiah total Rp 8,18 miliar.

Indonesia menjadi negara kedua di Asia Tenggara yang menggelar turnamen Free Fire Internasional, setelah pada tahun 2019 Thailand menggelar Free Fire World Cup. Kejuaraan eSports ini akan diikuti 12 tim mancanegara, berasal dari empat benua : Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika.

Direktur Garena Indonesia, Hans Kurniadi Saleh, mengatakan, hanya negara-negara dengan indikator pertumbuhan eSports tinggi yang bisa menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Free Fire. "Indonesia mengalahkan beberapa negara seperti Vietnam, Malaysia, dan Rusia untuk mendapatkan jatah tuan rumah kejuaraan ini. Akan ada 12 negara yang bertarung nantinya," ujar Hans.

Dukungan hadir dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menyambut positif keberhasilan Indonesia menjadi penyelenggara Free Fire Champions Cup 2020. Kesuksesan juga diharapkan oleh Menterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio.

"Saya bersyukur ajang ini bisa digelar di Indonesia. Dari sisi ekonomi kreatif, game adalah salah satu dari sub sektor ekonomi kreatif. Harapannya pengembangan game terus berkembang, terutama terkait atletnya, komunitas, animator," katanya. Wishnutama juga berharap ke depannya akan ada ajang yang lebih besar dari ini. Karena ini menjadi potensi Indonesia untuk mendapatkan devisa.

Share this article