Print this page

Awal Baru Bagi Industri Perfilman Indonesia

Layanan media streaming Amerika, Netflix menjalin kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia dalam rangka meningkatkan perfilman di Indonesia.

Kabarnya, Netflix akan memberangkatkan sepuluh penulis naskah film yang terpilih. Mereka akan mengikuti pelatihan di Hollywood. Nadiem Anwar Makarim, selaku Mendikbud, mengapresiasi Netflix sudah mendukung penuh atas pertumbuhan perfilman Indonesia.

Dilansir dari CNN, Nadiem mengatakan bahwa pihak Netflix sengaja memilih penulis karena naskah adalah fondasi utama dari sebuah film. Meskipun sutradara film buruk, namun hal ini dapat terselamatkan dengan adanya naskah yang bagus dan baik. Jika, naskah yang dituliskannya buruk, hasil film nantinya pun akan buruk sebagus apapun sutradaranya.

Pemilihan 10 penulis naskah akan dilakukan Kemendikbud dan Netflix bersama Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI). Namun, untuk konsep seleksinya masih akan dibahas lebih lanjut lagi. Kalau sudah terpilih, 10 penulis nantinya akan dikirimkan ke Hollywood pada Maret mendatang untuk pelatihan penggambaran cerita dan penulisan skenario. Tidak hanya itu, mereka pun akan mendapatkan beberapa pelatihan pra-produksi dan pasca produksi, baik film ataupun serial.

Semoga ini menjadi hal baik bagi industri perfilman Indonesia.

Share this article