DIEGO MARADONA MENINGGAL DUNIA

Sang legenda sepakbola Argentina ini meninggal karena serangan jantung di usia 60 tahun 

Kabar duka datang dari dunia sepak bola dunia, Legenda sepak bola asal Argentina, Diego Maradona meninggal dunia di usia 60 tahun akibat serangan jantung, hari Rabu 25 November WIB

Sebelumnya, Maradona sempat menjalani operasi akibat hematoma subdural, yang merupakan gumpalan darah di permukaan otak. Operasi yang berlangsung di klinik Olivos, Ipensa Sanatorium di La Plata, Argentina, berjalan sukses.

Maradona mengawali kariernya bersama Argentinos Juniors di usia 16 tahun dan kemudian berkembang menjadi salah satu pesepakbola terhebat sepanjang masa.

Pemain berkaki kidal ini pernah memperkuat Boca Juniors, Barcelona, Napoli, Sevilla, dan Newell's Old Boys semasa bermain. Ia kemudian menjadi pelatih dan menangani sejumlah tim seperti Racing Club, Dorados, timnas Argentina, dan hingga kematiannya masih berstatus sebagai pelatih Gimnasia de la Plata.

Puncak kariernya hadir di era 1980-an di mana ia mampu membawa Argentina merengkuh Piala Dunia 1986 dengan mengalahkan Jerman Barat di final.

Dalam perjalanan menuju final, Maradona menghadirkan dua momen ikonik dalam sepakbola. Ketika melawan Inggris di perempat-final, Maradona mencetak dua gol, satu gol kontroverisal memakai tangan dan satu gol lain melalui solo run brilian. Masing-masing gol dijuluki 'Gol Tangan Tuhan' dan 'Gol Abad Ini'.

Share this article